Sudah berlangganan artikel blog ini via RSS Feed?

Senin, 10 Mei 2010

Bola sebagai hobi

Hobi bola, ngga hanya sekedar main bola, tapi juga mencakup berbagai hal tentang bola, seperti menjadi penggemar klub bola, menjadi penggemar game bola, sampai-sampai tidur memimpikan bola ..

Susah memang mendefinisikan hobi, kenapa mesti bola yang menarik perhatian? tidakkah ada hal lain yang sebenarnya lebih menarik? seperti halnya orang hobi mancing, orang hobi touring, dan lainnya, semua itu berangkat dari hobi yang mungkin bagi sebagian orang menjadi tak mengerti kenapa kok sampai segitunya ya ..

Sampai suatu ketika, kenapa bola dalam pertandingan cuma satu, padahal kalo setiap pemain diberikan masing-masing satu, tentu tidak akan berebut dan terjadi pelanggaran karena saling berebut bola? tentu itu suatu hal yang logis, tetapi disitulah menariknya sepak bola, andai saja diberikan satu-satu maka permainan itu tidak akan menjadi menarik lagi, karena tidak akan ada kerjasama tim, skill individu, dan hasil pertandingan yang menyatakan suatu tim itu menang ataupun kalah.

Disinilah nilai-nilai sportifitas diuji, apakah bisa menerima kekalahan dan kemenangan dengan tanpa memprovokasi salah satu pihak sehingga tidak memancing terjadinya suatu keributan.

Ya, intinya bola kalau jadi hobi ya musti dilakukan dengan senang dan untuk menjadi pemersatu dan bukan hanya jai ladang bisnis semata, walaupun tidak dipungkiri dewasa ini bola menjadi ladang bisnis yang menggiurkan yang memunculkan jutawan bahkan milyarder baru dari suatu hobi yang bernama bola.

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar